3 Cara Menaklukkan Nafsu Makan

Mengidam terasa seperti gatal-gatal yang sangat perlu digaruk. Mengidam makanan dapat digambarkan sebagai keinginan yang ekstrim untuk mengkonsumsi makanan tertentu. Perasaan ini seringkali lebih kuat dari rasa lapar normal.

Insinyur makanan dan ilmuwan makanan telah mempelajari apa yang membuat kita mendambakan makanan tertentu lebih dari yang lain. Lemak, garam, dan manis adalah trifecta rasa pemenang yang memicu sebagian besar keinginan kita akan makanan. Rasa adalah raja, dan makanan yang memiliki rasa terbaik adalah makanan yang memberikan rasio garam, gula, lemak, dan fitur lain yang membuat makanan menarik.

Produsen makanan, ilmuwan, dan insinyur menggunakan berbagai faktor ini untuk membuat makanan lebih menarik. Mereka tahu bahwa bagi sebagian dari kita, fokus keinginan kita mungkin pada tekstur makanan. Mungkin lembut, renyah atau keseimbangan yang menggiurkan dari keduanya. Bagi orang lain, fokus keinginan mereka mungkin terpusat pada rasa. Rasanya mungkin asin, manis, atau campuran bibir masing-masing. Tujuannya agar kita ingin makan lebih banyak.

Kalori adalah ukuran seberapa banyak energi yang kita dapatkan dari ukuran porsi makanan.

Kepadatan kalori, berbeda dengan kepadatan nutrisi, merupakan sarana penting yang digunakan untuk membuat kita kembali lagi. Kepadatan kalori atau kepadatan energi makanan tertentu adalah pengukuran kalori rata-rata per unit (gram atau ons atau gigitan) makanan itu. Semua makanan mengandung nutrisi. Tidak seperti makanan padat kalori, makanan padat nutrisi tinggi nutrisi untuk jumlah kalori per unit (gram atau ons atau gigitan) yang dikandungnya. Makanan yang padat energi atau kalori memiliki konsentrasi kalori yang tinggi per gigitan. Beberapa makanan olahan sehari-hari yang umum yang padat energi adalah makanan ringan kemasan, kue beku dengan isian, kue kering, dan permen. Makanan cepat saji tradisional seperti burger keju, ayam goreng, dan kentang goreng serta produk roti seperti donat terkenal akan kepadatan energinya. Junk food dianggap sebagai makanan berkalori kosong karena rendah kepadatan nutrisinya dan tinggi kalori per ons atau gigitannya. Makanan padat energi atau tinggi kalori ini menawarkan konsentrasi kalori yang tinggi per gigitan, dan dikaitkan dengan kesenangan yang tinggi oleh otak Makanan ini dirancang untuk menjadi lezat (yaitu keripik kentang) dan tidak mengenyangkan. Karena junk food memiliki nilai kepuasan yang rendah, orang cenderung tidak merasa kenyang saat memakannya. Pengalaman kepuasan yang rendah ini hampir selalu menyebabkan makan berlebihan. Junk food secara khas memiliki rasa yang enak, tinggi lemak, dan tinggi kalori, tetapi rendah serat dan volume.

Makanan padat energi rendah, berbeda dengan makanan padat energi tinggi, cenderung padat nutrisi. Secara umum mereka lembab dan berair. Makanan padat energi rendah memiliki persentase tinggi serat yang mempertahankan air alami mereka. Sebagian besar sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan adalah contoh makanan padat energi rendah.

Ikuti 3 tips ini untuk menaklukkan keinginan makan Anda, dan dapatkan bonus tambahan berupa penurunan berat badan, dan lingkar pinggang Anda.

Tip #1 Carilah dan makan makanan dengan kepadatan kalori rendah atau makanan dengan kepadatan energi rendah

Makanan ini biasanya tinggi air dan rendah lemak. Sengaja membatasi konsumsi makanan berkalori tinggi yang biasanya berupa makanan ringan olahan makanan penutup dan junk food.

Untuk melakukan ini, biarkan piring Anda menjadi panduan Anda. Encerkan makanan/makanan berkalori tinggi dengan mengisi piring Anda dengan biji-bijian utuh yang belum diproses, sayuran bertepung, dan/atau kacang polong atau buah. Menambahkan sayuran ke hidangan apa pun menurunkan kepadatan kalori sebagian besar makanan. Pergi untuk makanan kepadatan kalori rendah untuk keinginan dan pengendalian berat badan.

Tip #2 Makanlah sampai kenyang.

Sepanjang jalan dari lapar ke kenyang makan sampai kenyang nyaman. Lebih mudah untuk menaklukkan hasrat Anda ketika Anda kenyang. Jadilah disengaja. Karena makanan padat energi menawarkan lebih banyak kalori dan akan membuat Anda meminta lebih banyak, pilihlah makanan padat energi rendah yang rendah kalori dan tinggi kepadatan nutrisi, air, dan serat yang akan membuat Anda puas. Merasa kenyang dan puas adalah cara paling ampuh untuk menaklukkan hasrat makan.

Tip #3 Urutan makan Anda.

Mulailah setiap makanan Anda dengan buah, salad, atau sup. Ini akan membantu Anda memulai dengan makanan padat energi rendah yang lebih mengenyangkan dan bergizi daripada makanan padat kalori tinggi. Sayuran tanpa minyak menawarkan kepadatan kalori terendah.

Sumber: masronie

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: